10 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering

Setiap orang pasti merasa kering di bibir mereka. Kondisi bibir kering ini tentu saja menyebabkan ketidaknyamanan, bukan? Bibir kering memengaruhi estetika bibir dan secara tidak langsung memengaruhi kepercayaan diri. Lalu apa yang menyebabkan bibir kering? Bagaimana Anda mengelola bibir kering yang benar dan efektif?

Penyebab bibir kering
Bibir adalah bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak. Karena itu, bibir tidak dapat melakukan proses pelumasan secara alami.

Baca Juga : Obat Kuat Herbal Terbaik

Fakta ini membuat bibir sensitif terhadap kekeringan dan keretakan. Penyebab bibir kering atau pecah-pecah adalah kurangnya hidrasi bibir, yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti: Seperti udara, kurangnya cairan atau kondisi tubuh. Selain itu, paparan sinar matahari juga berkontribusi pada bibir kering.

Cara mengatasi bibir kering
Bibir kering dianggap masalah kesehatan kecil. Namun, kondisi ini sangat mengkhawatirkan, baik untuk kenyamanan maupun untuk penampilan bibir. Selain itu, tidak dikecualikan bahwa bibir menjadi berdarah jika bibir pecah-pecah.

Berikut ini beberapa cara untuk merawat bibir kering yang bisa Anda lakukan untuk merawat bibir kering.

  • lip balm
    Balsem bibir memiliki fungsi melembabkan bibir. Jelas tidak salah menggunakan produk ini untuk merawat bibir kering. Dikatakan bahwa penggunaan lip balm melindungi bibir dari paparan sinar matahari dan udara panas dan kering, yang merupakan salah satu penyebab paling umum bibir kering.
  • Vaseline
    Sebagai pelembab untuk kulit Anda, Anda juga bisa menggunakan pelembab Vaseline untuk menghilangkan bibir kering. Vaseline mempertahankan kadar kelembaban optimal pada bibir. Selanjutnya, Vaseline harus bisa mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan luka.

Oleskan Vaseline secara merata di bibir. Ikuti prosedur ini untuk merawat bibir kering secara teratur 1 atau 2 kali sehari sampai bibir kering Anda sembuh.

  • Madu
    Madu telah lama dianggap efektif dalam berbagai masalah kesehatan, dari yang ringan sampai yang parah, paling tidak untuk perawatan bibir kering. Madu adalah pelembab alami yang dikatakan selalu melembabkan bibir Anda sehingga tidak mudah kering, terutama sampai pecah.

Selanjutnya, madu diperkaya dengan zat antibakteri. Akibatnya, madu juga melindungi bibir dan mulut dari serangan bakteri jahat yang dapat menyebabkan masalah mulut.

  • Lidah buaya
    Lidah buaya diperkaya dengan berbagai zat alami yang berguna untuk pencegahan dan perawatan masalah kesehatan, termasuk bibir kering.

Anda juga bisa membuat gel lidah buaya untuk merawat bibir kering yang sudah berpengalaman. Oleskan Aloe Gel ke bibir sesaat sebelum tidur. Lakukan metode ini secara teratur hingga hasilnya terlihat.

  • Mentimun
    Penggunaan mentimun juga merupakan cara untuk menghilangkan bibir kering secara alami, yang keefektifannya tidak diragukan.

Manfaat mentimun untuk perawatan bibir kering dan pecah-pecah tidak dapat dipisahkan dari nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya, vitamin C. Potong mentimun dan kemudian perlahan gosok bibir dengan irisan. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan metode ini 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  • Tomat
    Buah merah ini kaya akan air, vitamin A, vitamin C, likopen dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Atas dasar ini, tomat merupakan alternatif obat-obatan alami untuk bibir kering, yang memungkinkan untuk menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah.

Sama seperti pada poin sebelumnya, cukup potong tomat dan kemudian oleskan irisan secara merata di bibir. Tunggu sekitar 15 menit sebelum mencuci bibir dengan air bersih.

Baca Juga : Obat Kuat Herbal Paling Ampuh

  • Lemon
    Tingginya kandungan vitamin C dan air pada buah berkulit kuning ini tentu sangat efektif dalam menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah yang terjadi.

Anda bisa mencampur lemon dan madu lalu oleskan secara merata di bibir Anda 2-3 kali sehari.

  • minyak zaitun
    Semua orang bisa mewaspadai berbagai manfaat minyak zaitun. Minyak yang diperoleh dari ekstraksi zaitun juga bisa menjadi cara yang efektif untuk merawat bibir kering.

Kandungan asam lemak dari minyak zaitun mungkin merupakan alasan mengapa minyak ini cocok untuk Anda yang memiliki bibir kering atau pecah-pecah. Minyak zaitun selalu melembutkan bibir dan memiliki tingkat elastisitas yang ideal.

Oleskan minyak zaitun secara merata di bibir 2-3 kali sehari. Tunggu sekitar 15 menit dan kemudian cuci bibir Anda dengan air jernih.

  • Puaskan asupan cairan Anda
    Seperti disebutkan di atas, salah satu penyebab bibir kering adalah kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi dehidrasi, yang mengakibatkan masalah bibir, tidak terkecuali.

Jadi Anda bisa menggunakan cara bibir Anda tidak mengering, selalu menjaga kebutuhan cairan yang cukup setiap hari. Minumlah sekitar 8-10 gelas air setiap hari, terutama jika menyangkut banyak kegiatan di luar ruangan.

Baca Juga : Daftar Masalah Vitalitas Pria

  • Konsumsi makanan bergizi
    Makan makanan bergizi juga merupakan cara paling efektif untuk mengobati bibir kering. Buah-buahan dan sayuran – terutama yang mengandung vitamin C dan serat – adalah jenis makanan yang harus ada dalam menu hari ini jika Anda ingin menghindari bibir kering, bahkan jika Anda sudah memiliki bibir kering dan ingin mengobatinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s