Nyamuk Demam Berdarah Dan Habitatnya

Nyamuk dengue dengan nama lain Aedes aegypti adalah faktor utama penyebab demam berdarah. Ayo, cegah penyakit ini dengan memusnahkan tempat tinggal Anda.

Baca Juga : Obat Herbal Ejakulasi Dini

Demam berdarah umumnya menyebar melalui nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Anda dapat melihat ciri-ciri nyamuk demam berdarah ini dengan memperhatikan pola garis-garis putih di sekitar tubuh dan kaki. Nyamuk ini mentransfer virus dengue melalui gigitan kecil ke kulit. Nyamuk demam berdarah yang bertanggung jawab atas penularan ini adalah nyamuk betina, bukan nyamuk jantan. Ini karena nyamuk betina membutuhkan darah untuk menghasilkan telur.

Kehidupan sehari-hari nyamuk demam berdarah

Jika ada banyak air di rumah atau di teras, itu bisa digunakan sebagai pelindung air. Disarankan untuk menutup atau menghapusnya segera. Ini karena lokasi telur berkembang dari nyamuk demam berdarah ke nyamuk dewasa. Misalnya, pohon berlubang di bagasi, toilet, ban kendaraan yang tidak digunakan, pot tanaman, pot hewan peliharaan, mainan, vas, kolam renang, tong sampah dan sebagainya.

Nyamuk demam berdarah ini lebih suka berkembang biak dan berkembang biak dengan cepat di daerah yang panas dan lembab seperti Indonesia. Data dari Kementerian Kesehatan Indonesia menunjukkan bahwa ada hubungan antara perubahan iklim dan curah hujan yang tinggi, dengan meningkatnya kasus demam berdarah. Berdasarkan temuan penelitian, nyamuk dengue betina ini suka menghabiskan hidupnya di dalam atau di sekitar rumah dan dapat terbang rata-rata 400 meter. Infeksi virus dengue biasanya lebih tinggi ketika korban berada di luar ruangan dan siang hari. Namun, ini tidak berarti bahwa nyamuk Aedes tidak dapat berkembang biak di dalam atau menggigit pada malam hari.

Nyamuk dengue paling aktif mencari mangsa sekitar dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Atau Anda bisa menggigit di malam hari di tempat yang cukup terang. Selain manusia, nyamuk A. aegypti dan A. albopictus dapat menggigit anjing dan mamalia lainnya.

Hilangkan Sarang Nyamuk Dengue

Demam berdarah dapat dicegah dengan memberantas habitat atau sarang nyamuk Aedes aegypti. Metodenya adalah sebagai berikut:

  1. Periksa dan buang air yang tergenang seminggu sekali di tempat yang dapat digunakan sebagai wadah air di luar dan di dalam rumah.
  2. Tutup wadah air sehingga nyamuk tidak bisa menembus untuk bertelur dan merenung.
  3. Buang barang yang tidak digunakan.
  4. Jika ada digester di rumah, retakan atau retakan yang ada harus segera diperbaiki.
  5. Cegah nyamuk Demam Berdarah agar tidak memasuki rumah dengan menutup lubang ventilasi, jendela dan pintu, menggunakan kelambu, menutup lubang termasuk lubang tabung dan menyalakan AC jika tersedia.
  6. Menyebarkan bubuk larvisida ke dalam reservoir air yang sulit dibersihkan di rumah dapat membunuh larva nyamuk.
  7. Tanaman tanaman anti nyamuk seperti serai, lavender, Kecombrang dan lainnya.
  8. Jangan menggantung pakaian di rumah, yang bisa menjadi rongga nyamuk.

Baca Juga : Penyakit Kusta

Ayo, hindari nyamuk demam berdarah berkembang biak dengan rajin saat membersihkan rumah. Jika Anda melihat tanda-tanda demam berdarah seperti sakit kepala parah, demam tinggi tiba-tiba, nyeri otot dan persendian, sakit punggung, kelelahan, mual, muntah, bintik-bintik merah segera muncul di kulit, hidung, atau gusi. Pergi ke rumah sakit terdekat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s