Cara Mengatasi Kesemutan

Salah satu penyakit yang sering kita alami setiap hari adalah kesemutan. Ketika rasa gatal, anggota tubuh kita terasa kaku dan dikuasai banyak semut. Situasi ini dapat terjadi di mana saja, misalnya. Kaki, tangan, ujung jari, kepala dan lain-lain. Cara menghadapi tangan dan kaki, kesemutan sebenarnya cukup mudah dan cepat dilakukan.

Cara Mengatasi Kesemutan

Dalam kedokteran, kesemutan dikenal sebagai paresthesia. Paresthesia adalah sensasi pada anggota tubuh tanpa rangsangan eksternal. Perasaan yang bisa Anda rasakan adalah perasaan hangat, dingin, atau sesuatu yang merangkak. Jadi, apa sebenarnya yang menyebabkan kesemutan?

Baca Juga : Obat Kuat Tradisional

Penyebab kesemutan

Kesemutan penyakit tangan dan kaki sangat terkait dengan jaringan saraf dan aliran darah, yang tidak lancar. Penyebabnya sangat berbeda dan berkisar dari yang paling sederhana sampai yang paling sulit. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesemutan:

  • Terlalu lama duduk atau berdiri.
  • Lama di posisi yang salah, mis. Misalnya, jika Anda tidur dengan tangan menghadap ke bawah, tonton TV dengan kaki ditekuk, dll., Sehingga aliran darah tersumbat.
  • Tekanan di tulang belakang diterapkan ke saraf karena cedera dan cedera lainnya.
  • Tingkat kalsium, kalium atau natrium yang tidak biasa dalam tubuh.
  • Kekurangan asupan vitamin B12.
  • Konsumsi makanan atau minuman beracun.

Selain berbagai penyebab yang disebutkan di atas, kesemutan juga dapat terjadi pada penyakit tertentu. Beberapa penyakit ini termasuk radang tulang belakang (myelitis), diabetes (diabetes mellitus), sindrom carpal tunnel (CTS), penyakit jantung, rematik, stroke, spasmophilia (tetani) dan sindrom guillain-barre.

Bagaimana mencegah kesemutan

Agar mudah kesemutan, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, mulai dari menambah nutrisi fisik hingga bekerja keras. Berikut adalah beberapa tips untuk tidak menggelitik tangan dan kaki Anda.

  • Memenuhi kebutuhan vitamin B1, B6 dan B12

Cukup untuk kebutuhan vitamin B1, B6 dan B12. Ketiga vitamin ini sangat penting agar jaringan saraf berfungsi dengan baik. Ketiganya juga membuat metabolisme tubuh berjalan lancar.

  • Peregangan

Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, cobalah menggerakkan tubuh pada interval tertentu. Anda dapat meregangkan otot Anda setiap 30 menit atau sekali per jam untuk berjalan-jalan.

Baca Juga : Resep Ejakulasi Dini Tradisional

  • Hindari alkohol

Minuman beralkohol sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan kekurangan vitamin B, termasuk vitamin B1. Seperti kita ketahui, vitamin B1 berperan penting dalam pemeliharaan jaringan saraf yang sehat.

  • Konsumsi kalium, kalsium dan natrium

Makan makanan yang kaya kalium seperti pisang, unggas dan ikan. Anda dapat mengonsumsi yoghurt dan susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda, tetapi keduanya harus rendah lemak. Sodium ditemukan dalam kecap dan makanan laut.

  • Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat sebelum tidur akan membantu mengendurkan otot yang tegang di tangan dan kaki Anda. Ini secara otomatis mengurangi risiko kesemutan saat Anda tidur.

  • Minum Air putih

Minum setidaknya 8 gelas air per hari dapat mencegah tubuh mengering. Selain itu, air juga bisa menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Disarankan juga untuk minum air kelapa untuk menghilangkan berbagai jenis racun.

Baca Juga : Penderita Ejakulasi Dini Masih Bisa Punya Anak

Ini adalah beberapa tips dan trik untuk menghadapi kesemutan yang sering terjadi. Namun, jika sensasi kesemutan yang Anda alami tidak sembuh lama, meluas ke bagian tubuh lain atau bahkan mati rasa dan resistensi, hubungi dokter Anda segera untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s